=DIRGAHAYU INDONESIA KE 70= HOT NEWS - Menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN, pelaku UMKM di tantang untuk menstandarisasi produknya-

Selasa, 21 April 2015

Buku Baru; "Menuju Ekonomi Berkeadilan; Pergolakan Pengaruh Ekonomi Neoliberal Vs Ekonomi Kerakyatan".

Tujuan saya menulis buku ini adalah untuk memotret kebijakan ekonomi khususnya di era pemerintahan SBY dan harapan saya bisa menjadi refleksi bagi pemerintahan di era Jokowi.

Beberapa tahun belakangan ini saya tergelitik untuk menuliskan fenomena kesenjangan ekonomi yang terus meningkat. Padahal, pemerintah selalu dengan bangga menunjukkan angka pertumbuhan ekonomi. Saya mengkritik bahwa angka-angka pertumbuhan ekonomi itu bak ilusi yang kerap menyihir banyak kalangan, termasuk masyarakat akar rumput.

Padahal saya memperhatikan dan  dibuktikan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat rasio gini Indonesia justru meningkat dalam 10 tahun pemerintahan SBY. Rasio gini adalah ukuran pemerataan pendapatan yang dihitung berdasarkan kelas pendapatan. Pada 2005, rasio gini Indonesia sebesar 36,3 persen, meningkat menjadi 41,3 persen pada 2013.
Pak Teguh Budiana (Staff Khusus Mentri Koperasi dan UKM) Menerima Buku EKonomi Berkeadilan

Dari sini tentu kita bertanya apa sebenarnya hakikat kebijakan ekonomi yang telah dijalankan?
Berangkat dari sistem ekonomi apa sesungguhnya bangsa ini dalam menjalankan agenda-agenda pensejahteraan rakyat?

Apakah amanah Pancasila terutama sila kelima yakni menciptakan keadilan sosial yang disebut juga keadilan ekonomi bagi seluruh rakyat, serta amanah UUD 1945 yang mewajibkan kemakmuran bagi rakyat dapat diwujudkan?

Pertanyan-pertanyaan inilah yang kemudian bergejolak dalam alam fikir yang kemudian menginspirasi tulisan-tulisan esai yang ada di buku ini.

Judul Menuju Ekonomi Berkeadilan adalah bagian dari optimisme saya bahwa semangat kebangsaan untuk meraih ekonomi yang berkeadilan masih tetap menyala. Karena hal ini berdasar pada semangat founding father kita yang sebetulnya sudah menelurkan sistem ekonomi yang luhur yang berlandaskan nilai-nilai pancasila terutama pada sila ke lima. Walaupun sebenarnya wabah sistem ekonomi neoliberal telah menjalar di bangsa ini, namun semangat membumikan ekonomi kerakyatan masih tetap menyala. Inilah pertarungan dua ideology besar yang terus bergejolak yang coba saya kemukakakan dalam buku ini.

Judul : Menuju Ekonomi Berkeadilan; Pergolakan Pengaruh Ekonomi Liberal Vs Ekonomi Kerakyatan.
Tahun Terbit : Januari 2015
Penerbit: Trussmedia Grafika
Halaman: 192
ISBN : 978-602-0992-01-3
Harga : Rp. 45.000,- (Belum Ongkos Kirim)

 
Pak Teguh Budiana (Staff Khusus Mentri Koperasi dan UKM) Menerima Buku EKonomi Berkeadilan




0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com