=DIRGAHAYU INDONESIA KE 70= HOT NEWS - Menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN, pelaku UMKM di tantang untuk menstandarisasi produknya-

Senin, 15 Juni 2015

Talk About ASEAN Economic Community (AEC)


Yogyakarta, 6 Juni 2015. ASEAN Economic Community (AEC) merupakan sebuah kerjasama antar Negara-negara ASEAN untuk membentuk kawasan yang terintegrasi. Kerjasama yang rencananya akan diterapkan pada akhir tahun 2015 ini menjadi isu yang sensitif dikalangan masyarakat. Ada yang mendukung karena melihat peluang baik yang akan didapat, namun ada juga yang kontra karena menilai masyarakat Indonesia belum siap terhadap persaingan yang akan muncul terutama pada sektor usaha mikro kecil. Karena itu, pembahasan mengenai AEC atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) masih sangat ramai diperbincangkan. 

Mengenai hal ini, pada 6 Juni yang lalu saya berkesempatan ikut memberikan materi mengenai MEA dan bagaimana peluang dan tantangan bagi pengusaha sector Mikro Kecil. Materi ini saya sampaikan pada program Seminar Enterpreneuship yang di gagas oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Materi yang saya sampaikan di depan hampir 50 peserta yang berasal dari mahasiswa dan umum yang bertempat ruang seminar perpustakaan UGM ini mendapatkan respon dan antusiasme yang tinggi. Karena ternyata, pemahaman tentang peluang dan ancaman MEA masih sangat sedikit yang mereka ketahui. Terutama bagaimana memanfaatkan peluang dan meminimalisir ketatnya persaingan dalam dunia usaha.
 
Bahkan, pada akhir sesi saya didatangi oleh beberapa mahasiswa pascasarjana yang masih merasa butuh informasi tentang MEA ini. Salah satu peserta menyarankan kepada saya untuk aktif terus memberikan informasi-informasi MEA kepada khalayak terutama pada pemuda-pemuda yang ingin masuk dalam dunia kerja.

Dalam kesempatan ini juga saya memberikan buku terbaru saya “Menuju Ekonomi Berkeadilan; Pergolakan Pengaruh Ekonomi Neoliberal Vs Ekonomi Kerakyatan” bagi peserta yang terpilih.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com