=DIRGAHAYU INDONESIA KE 70= HOT NEWS - Menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN, pelaku UMKM di tantang untuk menstandarisasi produknya-

Senin, 13 Juli 2015

AGAR PASCA MUDIK DOMPET TIDAK KEMPES

Siapa yang merasa dompetnya masih tebal setelah ritual mudik dijalankan? Bagi Anda yang ngacung kemungkinan anda mempunyai uang yang berlimpah (mungkin punya mesin ATM kali ya :d ) atau mungkin manajemen keuangan pribadi Anda yang keren.

Point ke dua menarik untuk kita bahas. Karena persoalan mudik adalah persoalan pengkurasan pundi-pundi keuangan yang Anda miliki. Kebanyakan orang akan mengalami masa paceklik pasca mudik lebaran, termasuk Anda yang membaca tulisan ini kan? Haha. Tapi jangan takut Anda hanya salah satu dari sekian banyak orang yang senasib dengan Anda.

Karena itu, agar masa paceklik tidak Anda alami maka perlulah yang namanya manajemen keuangan  lebaran atau hari-hari besar lainnya yang membutuhkan biaya yang besar dan tidak terduga.
Pertama, Anda harus membuat daftar kebutuhan beserta besaran biaya pada saat menjelang mudik, mudik dan pada saat lebaran.  Setelah di total, tambahkan sekitar 10 – 25 % dari total anggaran tersebut untuk dana tidak terduga. Ingat, membuat daftar kebutuhan dan besaran biaya harus memperhatikan kemampuan pendapatan tetap Anda. Prioritaskan kebutuhan utama dan kesampingkan keinginan.

Kedua, rencanakan keuangan untuk menghadapi lebaran dengan cara membuat post khusus dari alokasi pendapatan tetap yang Anda miliki. Biasanya selain Anda telah mengalokasikan dana sesuai dengan biaya rutin dan investasi jangka pendek / jangka panjang, maka kemudian Anda harus membuat post penyisihan untuk menghadapi lebaran. Patokannya adalah total dari kebutuhan lebaran di bagi dengan 12 bulan. Nominal itulah yang menjadi penyisihan Anda setiap bulannya.

Dengan begini keuangan Anda akan aman, kenapa? Anda masih mempunyai cadangan dana dari THR yang belum Anda gunakan, betul ya? Dan Anda tidak akan menguras uang dari alokasi lain dikarenakan Anda sudah merencanakan semua alokasi biaya lebaran sesuai dengan kadar kemampuan Anda.

Strategi inilah yang kemudian akan menjaga Anda dari musim paceklik. Sebelum dan sesudah mudik Anda akan tetap senang dan tenang dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Dan tentu saja, dompet Anda akan tetap terus berisi bukan?.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com