=DIRGAHAYU INDONESIA KE 70= HOT NEWS - Menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN, pelaku UMKM di tantang untuk menstandarisasi produknya-

Minggu, 19 Juli 2015

Mudik dan Ekonomi Desa

Tradisi mudik adalah ritus sosial yg sudah menjadi tradisi tahunan. Segala persiapan yang akan dibawa pada saat mudik biasanya sudah disiapkan jauh-jauh hari. Oleh-oleh untuk keluarga tercinta dikampung halaman pun tentunya sudah dibungkus rapi.

Inilah gambaran mudik yg terjadi setiap tahunnya. Momentum tahunan ini merupakan berkah tersendiri bagi perekonomian desa sebagai kampung halaman. Karena tidak sedikit uang yang akan dibawa ke desa dari segala penjuru kota asal pemudik. Usaha-usaha mikro kecil dari berbagai macam jenis bergeliat menerima berkah tahunan. Aktifitas ekonomi meningkat didorong oleh menaiknya konsumsi masyarakat desa maupun kota yang mudik kekampung halaman.

Warung-warung bakso atau mie ayam dipojok jalanan kampung ramai dihadiri pengunjung. Belum lagi kita lihat pengecer bensin botolan juga ikut menuai berkah dari banyaknya hilir mudik kendaraan melakukan aktifitas silaturahmi. Usaha-usaha mikro lainnya juga mendapatkan bagian dari meningkatnya perputaran uang di desa ini.

Banyaknya uang dari kota yang mengalir ke desa kampung halaman, mendorong meningkatnya aktifitas ekonomi sehingga dapat membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi desa. Secara kasat mata hal ini bisa kita lihat dari fenomena mudik tahunan ini.

..............

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com