=DIRGAHAYU INDONESIA KE 70= HOT NEWS - Menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN, pelaku UMKM di tantang untuk menstandarisasi produknya-

Selasa, 18 Agustus 2015

Beri Pembekalan untuk Pendamping Koperasi dan UMKM

Yogyakarta, 10 Agustus 2015. Saya dipercaya oleh Disperindagkop dan UKM DIY untuk memberikan pembekalan kepada 36 pendamping baru yang direkrut oleh Disperindagkop dan UKM DIY untuk mendampingi KUMKM selama lima bulan kedepan.

Dalam kesempatan yang baik itu, saya lebih banyak sharing tentang pengalaman pendampingan kepada pelaku KUMKM yang pernah saya lakukan beserta dinamika yang ada. 

Memang, mendengar kata pendampingan tentu kita akan memahami bahwa pendampingan adalah kegiatan yang langsung berhubungan dengan masyarakat penerima manfaat. Karenanya, pendamping sebagai ujung tombak yang mengawal suksesnya suatu program tersebut harus tidak hanya memiliki kapasitas keilmuan yang lebih, tapi juga mempunyai karakter sebagai seorang pengayom. Dan pada kesempatan itu saya juga menekankan bahwa pendamping itu harus betul-betul melekat dalam jiwa agar dalam setiap tindakan yang dilakukan memiliki nilai baik yang tampak maupun yang tidak.

Tampak terlihat mimik wajah serius dari peserta yang mengikuti pembekalan. Sesekali juga pendamping ikut aktif dalam diskusi dikarenakan banyak juga dari peserta yang sudah mempunyai pengalaman pendampingan.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com